Type Here to Get Search Results !

Contoh Esai Lingkungan - Atasi Polusi Dengan Biaya yang Murah

0
Contoh Esai Lingkungan - Atasi Polusi Dengan Biaya yang Murah

Esai ini merupakan campuran dari berbagai pendapat dan laporan faktual tentang masalah sosial dan solusi yang diusulkan. Saat menulis esai, tidak perlu menggunakan bahasa formal, tetapi Anda dapat menggunakan bahasa yang santai (setiap hari), karena esensi diskusi dapat mempengaruhi setiap pembaca.

Contoh Esai Lingkungan - Atasi Polusi Dengan Biaya yang Murah

Jangan berpikir bahwa polusi hanya berasal dari limbah pabrik. Polusi dapat terjadi di mana saja dan dari apa saja. Salah satu sumber pencemaran, yang masih sangat diabaikan, adalah limbah dari pertanian dan ternak. Fakta ini terjadi tidak hanya di negara berkembang, tetapi juga di negara yang memiliki sistem pengelolaan limbah canggih seperti Amerika.

Di Indonesia, efek polusi dari limbah pertanian dan hewan sangat terasa di perairan sungai. Tidak banyak orang menyadari bahwa limbah pertanian dalam bentuk pupuk dan pestisida, yang dibawa oleh air atau berbagai antibiotik, hormon, makanan boros, dan kotoran ternak dalam jumlah besar, dapat sama berbahayanya dengan limbah industri.

Dampak lingkungan akan semakin serius jika keluarga petani kecil yang bekerja di suatu tempat digantikan oleh perusahaan besar yang mengelola hektar lahan atau ratusan sapi.

Fakta menunjukkan bahwa volume limbah yang tumbuh tidak dapat lagi diatasi secara alami oleh bakteri atau hewan yang membusuk di alam. Padahal, ketika kotoran mencemari sumber air, bakteri dan nutrisi dapat membahayakan kesehatan manusia. Akibatnya, cacing tanah sebagai pengolahan limbah bisa menjadi solusi yang sederhana dan murah. Selain itu, cacing tanah yang terabaikan hidup di berbagai daerah di Indonesia.

Di Amerika, penggunaan cacing tanah telah menjadi urusannya sendiri. Misalnya, di Internet Anda dapat menemukan perusahaan yang berspesialisasi dalam penjualan cacing tanah untuk berbagai keperluan pemupukan tanah pertanian untuk penguraian limbah organik dari pertanian dan peternakan.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan yang menamakan dirinya “Yelm Worm and Foundry Worm Farm” didirikan sejak 1991. Perusahaan ini tidak hanya menjual cacing tanah untuk pupuk atau pengurai tanah, tetapi juga berbagai informasi dan artikel gratis tentang manfaat lingkungan dan ekonomi menggunakan cacing tanah.

Penelitian oleh Trevor Pierce dari Departemen Ilmu Biologi Universitas Lancaster, Inggris, semakin memperluas penggunaan cacing, meskipun ada jenis lain.

Memang ada banyak jenis cacing yang termasuk dalam keluarga Lumbricidae. Temuan Pierce dalam bentuk Lumbricus rubellus, yang terlihat sehat di tanah beracun di sekitar Devon Grand Consoles, Inggris, tentu dapat digunakan untuk mengelola lingkungan regional di Indonesia. Bukan rahasia lagi bahwa Indonesia masih memiliki banyak daerah pertambangan yang tidak dikelola dengan baik, sehingga mereka terkontaminasi dengan logam berat.

Belum lagi area yang menjadi objek penguburan akhir (TPA). Cara membuang sampah di Indonesia, yang tidak berbagi jenis sampah, mengandung logam atau tidak. Misalnya, bakteri dan baterai dapat mencemari tempat pembuangan sampah di negara ini.

Dengan demikian, informasi tentang cacing ini dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi pencemaran lingkungan di Indonesia. Masalahnya, apakah kita mau atau tidak?

Demikianlah yang dapat admin AVA Studio ID sampaikan materi ini dimana pembahasan mengenai Contoh Esai Lingkungan - Atasi Polusi Dengan Biaya yang Murah. Semoga dengan materi yang sudah dibahas melalui artikel ini, dapat memberikan pemahamaan dan manfaat untuk sahabat pembaca semua.

Posting Komentar

0 Komentar

Top Post Ad

Below Post Ad